Logo Urbanest Inn House
HOME | ABOUT US | LOCATION | GALLERY | NEWS | EVENT | CONTACT | BOOKING NOW

 

Hampir seluruh wilayah di Indonesia telah memasuki musim hujan. Masalah yang sering muncul saat musim hujan adalah soal cucian. Cucian yang dijemur sering menjadi lembap dan bau apek karena lama kering.

Anak kost pada umumnya sering menumpuk pakaian kotor dan mencucinya di akhir pekan. Jika biasanya menjemur pakaian hingga kering bisa dalam waktu sehari saja, maka saat musim hujan pakaian bisa kering membutuhkan waktu lebih dari sehari. Hal ini yang sering menimbulkan masalah bau apek pada pakaian.

Untuk mengantisipasinya, simak solusi agar cucian kering dan tidak bau apek saat musim hujan yang harus kamu pahami.

 

1. Perhatikan Cara Mencuci Pakaian

Membilas adalah bagian yang terpenting dalam mencuci pakaian. Pastikan kamu membilas semua pakaian dengan benar. Periksa sela-sela pakaian hingga tidak ada serbuk-serbuk deterjen yang tersisa. Untuk mencegah cucian menjadi lebih cepat bau apek, kamu bisa membilasnya dengan pewangi pakaian. Menambahkan carian pewangi pakaian dapat membuat cucian segar lebih lama. Kesegaran yang masuk ke serat pakaian juga akan membuat pakaian lebih cepat kering saat musim hujan. Sebelum dikeringkan, rendam sebentar supaya wanginya lebih meresap ke pakaian.

 

2. Gunakan Alat Pengering Mesin Cuci

Solusi selanjutnya adalah mengeringkan pakaian dengan menggunakan alat pengering di mesin cuci. Di musim hujan seperti ini, mengeringkan pakaian dengan alat pengering mesin cuci menjadi cara palin efektif karena membuat pakaian kering lebih cepat. Kamu hanya perlu mengangin-anginkan cucian saja jika tidak ada sinar matahari.

 

3. Gantung Pakaian Menggunakan Hanger.

Setelah pakaian dikeringkan menggunakan alat pengering, jemur pakaian dengan menggunakan Hanger, sehingga tetesan sisa air pada cucian akan langsung mengalir satu arah ke bagian bawah. Sehingga bagian atas pakaian yang digantung di hanger lebih cepat kering terlebih dulu.

 

4. Atur Jarak Jemuran

Agar kelembapan cucian berkurang, sebaiknya kamu merenggangkan jarak antar jemuran, Hal ini dimaksudkan supaya sirkulasi udara yang lebih baik, sehingga pakaian yang kamu jemur terhindar dari bau apek.

 

5. Menggunakan Setrika Pakaian

Solusi terakhir adalah menggunakan setrika pakaian.  Apabila pakaian sudah dirasa cukup kering, kamu bisa menggunakan setrika pakaian untuk mengeringkan pakaian yang sudah setengah kering, atau pada bagian yang sulit kering seperti bagian kerah, dan ujung lengan atau kaki. Gunakan juga cairan pelicin dan pengharum pakaian saat mensetrika pakaian supaya pakaian kamu lebih wangi dan segar tidak bau apek.

 

Itu tadi beberapa solusi agar cucian kering saat musim hujan yang bisa kamu lakukan.

Bagi kamu yang ngekost dan tidak pandai mengelola pakaianmu sehingga mudah menumpuk dan malas dalam mencucinya, sudah saatnya kamu sewa kost eksklusif yang menawarkan jasa laundry pakaian. Selain menawarkan jasa laundry, sewa kost eksklusif juga menawarkan fasilitas eksklusif lainnya, seperti gratis jaringan internet (Wifi), cleaning service dsb.

Salah satu pilihan yang sangat tepat untuk sewa kost di Jakarta Barat adalah Urbanest Inn House Slipi. Berlokasi sangat strategis di Kawasan Slipi, akan memudahkan Anda dalam mobilitas. Namun jika Anda berencana sewa kost di Jakarta Selatan, Anda juga bisa memilih Sun Rise House Setiabudi dan Urbanest Inn House TB Simatupang.  Urbanest Inn House mengedapankan kenyamanan bersama disaat era new normal ini. Urbanest Inn House menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.