Logo Urbanest Inn House
HOME | ABOUT US | LOCATION | GALLERY | NEWS | EVENT | CONTACT | BOOKING NOW

Memasuki tahun 2021, pandemi COVID-19 masih belum berakhir. Disadari atau tidak,masa pandemi COVID-19 selain mengancam kesehatan fisik, juga memengaruhi kesehatan mental seseorang. Pembatasan sosial telah membuat orang merasa gelisah, takut, cemas, tertekan dan stres karena ketidakpastian yang membayangi. Karena itu, selain menjaga kesehatan fisik, kesehatan mental juga penting dijaga selama pandemi menjadi penyebab stres bagi kebanyakan orang. Sebagai manusia sangat penting untuk dapat memperhatikan kondisi kesehatan mental kita sendiri.

Bagi anak kost yang merantau, pandemi COVID-19 ini membuat banyak hal berubah. Rasa rindu kepada keluarga di kampung halaman mungkin harus dibendung lebih kuat lagi. Belum lagi kamu harus memikirkan banyak hal yang tidak pasti. Meskipun begitu, menjaga kesehatan mental adalah cara agar pikiran tetap waras dan bahagia.  Maka berikut ini hal yang dapat dilakukan untuk bisa menjaga kesehatan mental kita selama pandemi COVID-19.

1.  Cari Informasi COVID-19 yang Terpercaya

Di tengah situasi yang penuh dengan ketidakpastian, kamu harus tetap mendengarkan saran dan rekomendasi dari pemerintah. Selalu perbarui informasi dan pilih sumber informasi terpercaya demi menghindari informasi yang menyesatkan.

Apabila kamu mendapatkan informasi dari media sosial, jangan ditelan-mentah-mentah. Kamu harus menyaring informasi dan pastikan kebenarannya, supaya tidak makin stres dengan semua kabar yang beredar.

 

2. Membatasi Mengakses Berita

Alangkah baiknya, jika kamu membatasi mengakses berita tentang COVID-19 dari sumber mana pun yang bisa menimbulkan kecemasan. Kegiatan ini mampu mengurangi kamu dari potensi stres. Sebaiknya cari informasi terbaru pada waktu-waktu tertentu di setiap harinya.

 

3. Mengelola Perasaan

Kecemasan yang ditimbulkan dari keadaan pandemi ini, membuat perasaan yang tidak menentu. Kamu bisa menemukan cara yang aman dan terkendali untuk mengakui dan mengekspresikan emosi yang sulit diungkapkan. Apabila bercerita dengan teman dekat bukanlah cara yang tepat, kamu bisa menuliskannya melalui buku diary atau kamu juga bisa mengalirkan emosimu lewat olahraga, yoga, atau meditasi.

 

4. Menjaga Rutinitas Harian

Selama pandemi, banyak aktivitas yang beralih dikerjakan di rumah. Kamu disarankan untuk tetap menjalani rutinitas harian sehingga membuat keteraturan pada jam biologis tubuh. Tetapkan jam tidur, waktu kerja atau belajar, waktu olahraga, jam makan, dan alokasi waktu untuk melakukan hobi.

 

5.  Tetap Menjalin Komunikasi

Meskipun saat ini kegiatan di luar rumah dibatasi serta harus selalu menerapkan physical distancing, hal ini bukan berarti memutuskan komunikasi. Di masa pandemi COVID-19 ini kamu akan sangat mudah merasa kesepian karena terisolasi secara fisik. Tapi, kamu masih bisa melakukan upaya untuk tetap berhubungan dengan teman, keluarga, atau rekan kerja melalui video call. Buatlah janji dengan teman-teman untuk bertemu, kumpul-kumpul meski secara virtual.

 

Nah, selain menerapkan lima tips menjaga kesehatan mental diatas, kamu sebagai anak kost wajib mengingatkan teman kost, keluarga dan orang-orang disekitar kamu untuk tetap patuh dan disiplin protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

 

Tidak lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan lingkunhan kamar kost kamu ya.  Kamu bisa mencari kost baru yang lebih nyaman di masa pandemi ini. Salah satu pilihan yang sangat tepat untuk sewa kost di Jakarta Barat adalah Urbanest Inn House Slipi. Berlokasi sangat strategis di Kawasan Slipi, akan memudahkan Anda dalam mobilitas. Namun jika Anda berencana sewa kost di Jakarta Selatan, Anda juga bisa memilih Sun Rise House Setiabudi dan Urbanest Inn House TB Simatupang.  Urbanest Inn House mengedepankan kenyamanan bersama disaat pandemi ini. Urbanest Inn House & Sunrise House menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.